Cikal Bakal Psikologi Komunikasi

Standard

Melihat fakta sejarah, keberadaan psikologi komunikasi tidak terlepas dari pengaruh ilmu psikologi dan ilmu komunikasi

Ini tidak terlepas dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli psikologi dan komunikasi yang kemudian menemukan adanya koneksitas atau hubungan antara ilmu psikologi dan komunikasi.

Diceritakan, pada tahun 1970, di California terjadi peristiwa yang membuat seorang profesor linguistik, Susan Curtis, yang meneliti mengenai kisah seorang anak gadis berusia 13 tahun yang tidak dapat berkomunikasi bahkan membina hubungan dengan lingkungannya. Genie, demikian nama gadis itu dibesarkan oleh kedua orang tuanya dengan ”minim komunikasi”. Ia diperlakukan buklan layaknya seorang manusia ataupun layakya orang tua terhadap anaknya. Komunikasi yang tidak pernah dilakukan dengan baik dan benar menumbuhkan karakter dan fisik seorang Genie yang tidak ubahnya seperti bayi berusia satu tahun.

Hasil penelitian Susan Curtis menunjukkan dua hal, yakni; komunikasi amat esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia, dan kedua komunikasi amat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia.

Melihat peristiwa tersebut diatas, kita juga dapat melihat kilas sejarah, bahwa ilmu psikologi komunikasi dibesarkan oleh para sarjana dan ahli psikologi dan komunikasi. Tiga di antara empat orang Bapak Ilmu Komunikasi yang disebut sebagai Wilbur Schramm adalah seorang sarjana psikologi. Kurt Lewin merupakan ahli psikologi kelompok. Paul Lazarsfeld pendiri ilmu komunikasi lainnya adalaah seorang psikolog yang banyak dipengaruhi oleh Sigmund Freud, bapak psikoanalisis. (Rakhmat, 1999:1-3)

3 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s